SMA Taruna Mandara

Latar Belakang

Sekolah Menengah Atas (SMA) yang didirikan oleh Yayasan Mandara Sejati (YMS) dilatarbelakangi oleh masih banyaknya anak-anak lulusan SMP di Bali yang berasal dari keluarga miskin, yang tidak mampu melanjutkan pendidikan, di samping karena ketiadaan biaya juga karena daya tampung sekolah negeri yang sangat terbatas. SMA Taruna Mandara didirikan dengan tujuan utama turut mengentaskan kemiskinan di Pulau Dewata, yang akan bersanding dengan SMAN Bali Mandara.

SMAN Bali Mandara yang didirikan Pemerintah Provinsi Bali tahun 2011, sebagai sekolah yang digagas Gubernur Bali Made Mangku Pastika, disamping tahun 2016 juga telah dibuka SMKN Bali Mandara, yang khusus bagi siswa miskin di Bali, setiap tahun hanya mampu menampung maksimal 200 siswa miskin. Sementara pendaftar rata-rata 900 orang siswa setiap tahun. Jadi, kemana anak-anak miskin yang 700 orang lagi yang tidak tertampung di sekolah itu setiap tahun?

Nama SMA Taruna Mandara merupakan perpaduan dari nama SMA Taruna Nusantara di Magelang-Jawa Tengah dengan SMA Negeri Bali Mandara di Buleleng-Bali, dua sekolah negeri yang sudah eksis di tanah air, yang terbukti telah menamatkan lulusan-lulusan yang mampu menembus jajaran perguruan tinggi ternama di dalam maupun luar negeri.

Metode pendidikan di dua sekolah tersebut sama, yaitu berasrama, tetapi memiliki satu perbedaan ekstrim, yaitu asal-usul siswa dan pembiayaan. SMA Taruna Nusantara mensyaratkan calon siswanya memiliki nilai akademik bagus serta membiayai sendiri pendidikannya sampai lulus. Sementara SMAN Bali Mandara mensyaratkan calon siswanya adalah dari keluarga miskin tetapi memiliki semangat tinggi untuk melanjutkan pendidikan, dengan biaya pendidikan sepenuhnya bersumber pada APBD Pemerintah Provinsi Bali setiap tahun.

SMA Taruna Mandara akan mengadopsi semua keunggulan dari kedua sekolah tersebut, antara lain berasrama, menerapkan disiplin tinggi, membangun jejaring dengan perguruan tinggi/institusi ternama tingkat nasional/internasional, serta didukung dengan sarana-prasarana memadai. Dukungan guru-guru profesional dan manajemen sekolah yang handal diharapkan mampu membawa sekolah ini eksis bersanding dengan dua sekolah inspiratornya terdahulu, serta melahirkan lulusan yang siap masuk ke berbagai perguruan tinggi ternama di tanah air atau di seluruh dunia, siap bersaing mengisi lapangan kerja pada berbagai perusahaan global ternama, serta siap mandiri sebagai seorang entrepreneur yang unggul.

Visi Sekolah

Sebagai sekolah terdepan untuk membentuk pemimpin dan enterpreneur masa depan.

Misi Sekolah

Membentuk Sumber Daya Manusia yang:

  • Berkualitas, cerdas, tangguh, mandiri, berdaya juang tinggi, dan berkarakter kuat sebagai patriot putra-putri bangsa.
  • Menguasai wawasan dan nilai-nilai kepemimpinan.
  • Menguasai wawasan dan nilai-nilai kewira-usahaan.
  • Memiliki kepedulian terhadap isu lokal, nasional, dan global.

Biaya Pendidikan

Bagi Keluarga yang tidak mampu:

  • Siswa tidak dikenakan biaya pendidikan, atau biaya pendidikan gratis.
  • Siswa tinggal di asrama sekolah, yang biaya hidup sepenuhnya gratis.
  • Biaya pendidikan bersumber dari anggaran Yayasan, dan dimungkinkan Yayasan mendapatkan bantuan beasiswa atau bantuan donatur yang tidak mengikat.

Bagi Keluarga yang mampu, untuk sekaligus membantu taruna yang tidak mampu:

  • Siswa dikenakan Biaya Rp. 3.500.000 per bulan untuk biaya asrama, makan, fasilitas sekolah, dan pendidikan.
  • Biaya tersebut masih bisa disesuaikan dengan kemampuan orang tua Taruna.

Penerimaan Siswa Baru

  • SMA Taruna Mandara setiap tahun menerima 60 siswa baru dari keluarga miskin maupun mampu.
  • Sebagian dapat diambil dari calon siswa yang tidak tertampung di SMAN/SMKN Bali Mandara.
  • Sebagian lagi direkrut sendiri, dengan syarat dan ketentuan yang akan ditentukan oleh panitia penerimaan siswa disetiap tahun ajaran baru.

Rancangan Sekolah

Penerimaan Siswa Baru

  • SMA Taruna Mandara setiap tahun menerima 120 siswa baru.
  • Sebagian diambil dari calon siswa yang tidak tertampung di SMAN/SMKN Bali Mandara.
  • Sebagian lagi direkrut sendiri, dengan syarat berasal dari keluarga miskin di Bali dan memiliki semangat tinggi untuk melanjutkan pendidikan.

Guru-Guru / Instruktur dan Tenaga Administrasi

  • Para Siswa akan diasuh oleh guru-guru yang profesional, yang memiliki kompetensi tinggi pada masing-masing bidang studi yang diajarkan, serta dengan jumah yang proporsional sesuai persyaratan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
  • Para siswa akan dilatih oleh para instruktur profesional, yang memiliki kompetensi tinggi pada masing-masing jenis kegiatan ekstra kurikuler, atau kegiatan penunjang akademik lainnya.
  • Sekolah akan dikelola dengan manajemen profesional dan handal, dengan tenaga administrasi yang berkualifikasi sesuai bidang tugasnya.

Kurikulum dan Kegiatan Akademik

SMA Taruna Mandara akan menerapkan kurikulum nasional, serta secara bertahap akan diperkaya dengan kurikulum internasional, sehingga memberikan peluang kepada siswa untuk mengikuti berbagai lomba tingkat internasional, serta setelah lulus berpeluang besar diterima pada perguruan tinggi internasional atau bekerja pada perusahaan internasional.

Kegiatan Non Akademik

Kegiatan non akademik SMA Taruna Mandara terdiri atas:

  • Kegiatan ekstra kurikuler, meliputi berbagai jenis kegiatan, antara lain dalam bidang olahraga, kesenian, kesusastraan, kelompok studi ilmiah, pramuka, keterampilan diri, dan wirausaha.
  • Kegiatan pelatihan kepemimpinan.

Kerjasama dengan SMA atau Perguruan Tinggi Lainnya

Dalam meningkatkan kualitas proses pendidikan, SMA Taruna Mandara akan menjalin kerjasama dengan  SMAN ternama di tanah air serta perguruan tinggi/institusi pemerintah/swasta/organisasi kemasyarakatan nasional atau internasional yang memiliki komitmen untuk memajukan pendidikan serta meningkatkan kualitas lulusan SMA Taruna Mandara.

Bentuk kerjasama tersebut antara lain: pertukaran guru, bantuan pelatihan guru, beasiswa pendidikan bagi guru dan siswa, pertukaran siswa, siswa magang, dan kegiatan lainnya yang saling menguntungkan.

Prospek Lulusan

Sekolah akan turut memfasilitasi setiap lulusan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi di dalam atau luar negeri, sekolah kedinasan milik Pemerintah, bekerja pada perusahaan lokal, nasional, atau internasional, serta mandiri berwirausaha melalui bantuan permodalan.

Dengan demikian setiap lulusan SMA Taruna Mandara setiap tahun akan tertampung di perguruan tinggi, di pasar kerja, atau dapat mandiri.